Susul Microsoft, Apple Bakal Punya AI Sendiri

Apple dikabarkan sedang mengembangkan kecerdasan buatan sendiri. Artinya, Apple akan menyusul Microsoft yang sudah mengembangkan AI mereka sendiri sebelumnya.

Saat ini, Apple dikabarkan sudah menyelesaikan proses coding di perangkat lunak mereka, demikian seperti dilansir detikINET dari Reuters. Nantinya, AI buatan Apple ini akan mirip dengan Copilot buatan Microsoft. Cara kerjanya adalah menyelesaikan sesuatu berdasarkan perintah yang dimasukkan.

Di tahap awal, Apple berencana memasukkan AI ke dalam perangkat lunak mereka yaitu Xcode. Penyematan AI pada Xcode akan dirampungkan tahun ini.

Perlu diketahui, Xcode merupakan alat untuk mengembangkan Operation System (OS) pada beberapa perangkat Apple seperti macOS, iOS, iPadOS, watchOS, tvOS sampai VisionOS. Xcode yang saat ini digunakan dan paling baru adalah Xcode 15.

Kabarnya, Xcode yang dibekali AI nantinya akan diberikan gratis oleh Apple kepada pengembang perangkat lunak. Namun jika dari Xcode tersebut sudah menghasilkan aplikasi yang akan dijual di App Store, Apple membebankan biaya sekitar USD 99 atau sekitar Rp1,5 jutaan per tahun.

Selain pada Xcode, nantinya Apple juga berencana untuk menyematkan AI pada beberapa produknya. AI tersebut nantinya dapat digunakan untuk beberapa hal seperti membuat playlist di Apple Music, dan beberapa hal yang dapat dilakukan di ekosistem perangkat Apple.

Sumber : detikinet.com