Fungsi Modem, Jenis, dan Bedanya dengan Router

Modem tentunya sudah tidak asing kita dengar. Fungsi modem utamanya adalah untuk menghubungkan komputer atau perangkat gadget kita dengan jaringan internet. Untuk mengetahui penjelasan lebih lengkap, simak artikel ini ya. Kita akan ulas apa itu modem, termasuk fungsi modem, jenis, dan perbedaannya dengan router.

Pengertian Modem

Tahukah kalian bahwa modem sebetulnya adalah singkatan? Modem berasal dari dua kata, yaitu modulator dan demodulator. Dilansir dari buku Teknologi Informasi & Komunikasi SMA/MA Kelas X oleh Silvester Sila, maksud dari modulator dan demodulator adalah alat yang mengubah sinyal analog ke digital dan sebaliknya. Dengan demikian, modem adalah gerbang antara jaringan dengan komputer ataupun terminal. Melalui modem, sinyal digital ditransmisikan dalam bentuk sinyal analog atau sinyal listrik. Setelah data terkirim, data tersebut harus dikembalikan lagi ke dalam bentuk sinyal digital melalui modem.
Fungsi Modem

Berikut ini beberapa fungsi modem yang dikutip dari situs Telkomsel:

1. Menghubungkan Perangkat dengan Internet

Fungsi modem yang paling utama adalah menghubungkan perangkat dengan jaringan internet. Modem menjembatani perangkat seperti komputer maupun HP dengan penyedia layanan internet.

2. Menerima dan Mengirim Sinyal Internet

Modem dapat menerima sinyal internet melalui saluran komunikasi berupa kabel coaxial, DSL, atau serat optik. Modem mengubah sinyal tersebut ke bentuk yang dapat dipahami oleh perangkat. Data dari perangkat kemudian dikirimkan kembali melalui modem ini.

3. Membagi Koneksi Interne

Beberapa modem juga memiliki fungsi router yang memungkinkan kamu membagi jaringan internet ke sejumlah perangkat di jaringan lokal, seperti komputer, laptop, atau smartphone.

4. Menyediakan Wi-Fi

Saat ini sudah banyak produk modem yang dilengkapi fitur WiFi sehingga modem tak perlu dicolokkan ke komputer atau laptop.

5. Mengamankan Koneksi

Modem juga biasanya dilengkapi fitur keamanan yang berperan mengamankan koneksi internet dari peretasan, virus, atau malware.
Jenis-jenis Modem

Berikut ini beberapa jenis modem beserta penjelasannya:

1. Modem Kabel

Modem kabel menggunakan kabel untuk menghubungkan modem dengan penyedia jaringan internet. Dari modem ke perangkat bisa dihubungkan dengan kabel maupun nirkabel. Penyedia modem kabel biasanya menawarkan fasilitas TV kabel. Di era sekarang, kita mengenalnya dengan fiber optic.

2. Modem Dial-Up

Modem dial-up juga biasa disebut dengan modem analog. Modem jenis ini biasanya digunakan untuk keperluan pribadi. Contoh modem dial-up ada dua, yaitu GSM dan CDMA. Modem GSM (Global System for Mobile Communication) menggunakan jaringan seluler seperti HP, yaitu menggunakan jaringan seperti Telkomsel, XL, Tri, dan sebagainya. Modem CDMA (Code Division Multiple Access) pada dasarnya mirip dengan GSM, yaitu sama-sama menggunakan SIM card untuk mendapatkan jaringan internet. Namun jaringan yang digunakan berbeda. Kini di Indonesia sudah tidak ada lagi jaringan CDMA.

3. Modem DSL

Ada juga modem Digital Subscriber Line (DSL) yang bisa digunakan untuk jaringan telepon. Jaringan bandwidth-nya lebih kuat daripada modem lain, sehingga lebih cepat. Terdapat dua jenis modem DSL, yaitu Symmetric DSL (SDSL) dan Asymmetric DSL (ASDL). SDSL memiliki kecepatan download lebih tinggi daripada upload, sementara ADSL memiliki kecepatan download dan upload yang sama.
Perbedaan Modem dengan Router

Berikut ini perbedaan modem dengan router yang dikutip dari situs Verizon:

Modem Seperti yang telah dijelaskan di atas, modem adalah singkatan dari modulator-demodulator yang menghubungkan perangkat komputer ke penyedia layanan internet (ISP). Modem memungkinkan perangkat kamu untuk mengakses internet. Router Sementara router adalah perangkat yang menciptakan jaringan area lokal (LAN). Router bisa dihubungkan dengan modem sehingga jaringan internet bisa dibagi ke beberapa perangkat sekaligus, seperti komputer, laptop, smartphone, dan tablet. Tanpa modem, router juga bisa menghubungkan semua perangkat di rumah atau kantor, sehingga memungkinkan mereka untuk saling bertukar data tanpa internet.

Kini sebagian besar ISP banyak menawarkan modem 'all-in-one', yaitu sudah dilengkapi dengan router. Jadi, modem sekarang ini sudah langsung bisa digunakan untuk beberapa perangkat sekaligus, baik lewat kabel maupun Wifi. Demikian tadi telah kita ketahui apa itu modem, sekaligus fungsi modem, termasuk jenis dan perbedaannya dengan router.

sumber : detik.com